Berikut Lima Kreasi Bun Kukus Paling Terkenal di Asia

Berikut Lima Kreasi Bun Kukus Paling Terkenal di Asia

Berikut Lima Kreasi Bun Kukus Paling Terkenal di Asia – Roti kukus adalah roti yang terbuat dari tepung terigu berprotein rendah yang difermentasikan dan dimasak dengan cara dikukus. Umumnya roti kukus memiliki remah yang lembut, elastis dan bertekstur halus. Bun kukus alias roti kukus menjadi salah satu makanan kesukaan banyak orang.

Roti kukus juga biasanya berbentuk setengah bola, berwarna putih dan mempunyai berat antara 30-120 gram. Tampilan menarik, sekaligus rasa maksimal yang bikin bahan makanan tersebut gampang diproses dan dikreasikan.

Beberapa negara di Asia bahkan memiliki kreasi bun kukusnya tersendiri. Bisa dijadikan referensi pengolahan roti enak dan berbeda, seperti kelima makanan berikut ini.

1. Nai wong bao
5 Bun Kukus Paling Populer di Asia yang Empuk dan Lembut

Nai wong bao adalah referensi bun kukus bercita rasa manis dan agak asin karena roti ini berisi krim custard. Nai wong bao menjadi salah satu chinese food yang kerap hadir di acara tertentu.

Adonan roti ini dibentuk menggunakan campuran tepung dan ragi. Sedangkan isiannya diproses dari telur, susu, krim, susu bubuk, gula bubuk, mentega, dan tepung-tepungan yang bikin teksturnya sedikit padat.

2. Mantou
5 Bun Kukus Paling Populer di Asia yang Empuk dan Lembut

Mantou menjadi kreasi bun kukus populer berikutnya yang masih datang dari makanan tradisional China. Hidangan ini cenderung lebih sering dibuat tanpa isi dan memiliki permukaan roti yang halus.

Bahkan, bahan pendukung yang digunakan dalam proses pembuatan roti ini terbilang sederhana. Beberapa versi hanya menggunakan campuran tepung terigu, ragi, gula, air hangat, serta bubuk pengembang.

3. Siopao
5 Bun Kukus Paling Populer di Asia yang Empuk dan Lembut

Siopao masuk ke dalam jajaran roti kukus populer di Filipina dan China. Secara umum, hidangan ini merupakan bun isi yang menggunakan daging babi sebagai filling. Namun belakangan, siopao bisa dikreasikan memakai daging sapi atau sayuran.

Pada pembuatan adonan, komposisi yang dipakai pun tidak jauh dari penggunaan tepung dan ragi. Sedangkan bumbu isian bisa dikombinasikan bersama saus tiram, soy sauce, hingga hoisin sauce supaya gurih dan sedikit manis.

4. Korean chicken bao bun
5 Bun Kukus Paling Populer di Asia yang Empuk dan Lembut

Bun kukus bisa pula dikombinasikan bersama olahan ayam populer ala Korea Selatan. Sensasi roti yang lembut dan rasa daging yang krispi serta pedas membuat dua bahan ini cocok dipadukan.

Bun perlu dimasak terpisah dari tepung hingga ragi untuk dikukus sampai matang. Sedangkan ayam harus digoreng dengan lapisan renyah, lalu dicampur saus gochujang sebelum disematkan ke dalam bao.

5. Mushi manju
5 Bun Kukus Paling Populer di Asia yang Empuk dan Lembut

Kalau makanan yang terakhir ini merupakan salah satu kreasi bun manis asal Jepang. Makanan ini sangat pas untuk teman ngemil, lengkap bersama segelas teh atau kopi supaya perpaduan santapan itu terasa makin nikmat.

Mirip dengan bao terkenal dari China, manju dibentuk dari adonan berbahan baku cake flour, bubuk pengembang, dan ragi. Sementara itu, isiannya berupa pasta kacang merah supaya terasa manis.

Macam-macam bun kukus di atas memang bikin kita meneteskan air liur. Selain memiliki bentuk yang mulus dan bikin lapar, rasanya pun gak kalah nikmat. Mau cobain yang mana dulu, nih?