Berikut Fakta Kue Renyah Tiongkok yang Bernama Chui Kao So

Berikut Fakta Kue Renyah Tiongkok yang Bernama Chui Kao So

Berikut Fakta Kue Renyah Tiongkok yang Bernama Chui Kao So – Ini dia kue khas China yang juga populer di Indonesia. Ada yang rasanya asin gurih, ada pula yang rasanya manis. Pasti Anda sudah tahu soal camilan populer di Indonesia yang ternyata berasal dari China. Ternyata tak hanya camilan saja, kudapan alias kue yang jadi favorit banyak orang juga berasal dari China.

Pia atau yang lebih dikenal dengan bakpia merupakan kue khas China. Pia berasal dari China bagian selatan. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu dan lemak. Sehingga saat dipanggang renyah dan terasa berlapis-lapis.
Adonan kulitnya ada yang sedikit keras dan kenyal serta ada juga yang tipis renyah. Isiannya pun beragam, dari manis hingga gurih. Namun di Indonesia, lebih banyak bakpia dengan isian bahan manis. Bakpia sendiri ternyata paduan bahasa China.

Bak artinya daging dan pia artinya kue, seperti disebutkan oleh Aji Chen selaku penulis buku Peranakan Tionghoa dalam Kuliner Nusantara. Chui kao so adalah salah satu camilan khas Medan yang kian populer di Indonesia. Ternyata, kue kecil bulat ini aslinya berasal dari Tiongkok. Berbahan tepung telur dan gula, chui kao so ternyata memiliki rasa kacang gurih dan renyah di dalam.

1. Chui kao so salah satu seserahan dalam proses sangjit
5 Fakta Chui Kao So, Kue Renyah Bertabur Wijen dari Tiongkok!

Pada awalnya chui kao so merupakan kue khas Tiongkok yang sering dipakai dalam acara sangjitSangjit adalah acara pertunangan khas Tiongkok, dimana calon pengantin pria membawakan seserahan aneka rupa kepada pengantin wanita. Salah satu yang ada dalam seserahan atau hantaran itu adalah kue chui kao so ini.

2. Tak ada kacang dalam bahannya
5 Fakta Chui Kao So, Kue Renyah Bertabur Wijen dari Tiongkok!

Chui kao so sering disebut kue kacang, karena rasa kacangnya yang gurih dan renyah. Namun pada kenyataannya, membuat chui kao so sama sekali tidak menggunakan kacang. Bahannya sangat mudah, yaitu telur, tepung, gula, minyak sayur, gula, dan garam. Menggunakan minyak sayur dalam adonan chui kao so ternyata mempengaruhi rasa gurih kue ini, lho.

3. Bentuknya bulat dengan taburan wijen
5 Fakta Chui Kao So, Kue Renyah Bertabur Wijen dari Tiongkok!

Kue chui kao so memiliki bentuk bulat. Tidak menggunakan cetakan, kue ini dibuat dengan menekan adonan memakai tangan atau bagian bawah gelas hingga pipih. Bentuk chui kao so tidak bisa membulat sempurna, sekilas seperti bunga yang mekar. Taburan wijen senantiasa menghiasi bagian atas kue ini. Taburan wijen hitam putih itulah yang menjadi salah satu ciri khas kue asal Tiongkok ini.

4. Rasanya renyah dan mudah dibuat siapa saja
5 Fakta Chui Kao So, Kue Renyah Bertabur Wijen dari Tiongkok!

Kue kering selalu identik dengan tekturnya yang renyah, begitu juga chui kao so. Pembuatan dan bahannya cukup mudah, sehingga bisa membuatnya sendiri di rumah. Membuat chui kao so dimulai dari mencampur semua bahannya hingga kalis, lalu mulai mencetaknya dengan tangan atau gelas. Setelah itu ditaburi wijen, tak lupa olesan telur yang membuatnya berkilau. Lalu dipanggang hingga matang.

5. Kini chui kao so jadi camilan khas di Medan
5 Fakta Chui Kao So, Kue Renyah Bertabur Wijen dari Tiongkok!

Berasal dari Tiongkok, kini chui kao so menjadi salah satu camilan khas Medan yang populer. Chui kao so sering menjadi suguhan diatas meja masyarakat Medan. Lebaran, Natal, Imlek atau acara spesial lainnya, kue kering bertabur wijen ini selalu ada dan jadi favorit masyarakat Medan. Kini popularitas chui kao so semakin meningkat. Banyak orang dari seluruh Indonesia yang mulai mengenal dan jatuh cinta dengan kue kering ini.

Ciri khas kue kering yang populer di Medan ini ada pada teksturnya yang garing dan renyah mirip kue emping. Chui kao so juga menghadirkan rasa kacang padahal tidak dibuat dengan kacang ataupun emping. “Ini yang bikin banyak orang jadi penasaran,” lanjut Chef Thomaz. Ia menyebut ada penggunaan campuran minyak goreng atau minyak sayur dalam adonan chui kao so. Chef Thomaz menerangkan, “Kalau di China aslinya pakai minyak B2.”

Senada dengan Chef Thomaz, pastry chef Yongki Gunawan mengatakan bahan kunci kue kering ini ialah minyak sayur. “Lemaknya itu dari minyak sayur jadinya kress, renyah,” kata Chef Yongki. Sementara untuk toppingnya, ia menambahkan wijen.

Buat kamu yang ingin belajar membuat kue, chui kao so bisa kamu coba karena bahan dan cara membuatnya mudah. Daripada penasaran, yuk bikin sendiri di rumah!