Berikut Enam Jenis Saus Asal Asia yang Dikenal Sangat Lezat

Berikut Enam Jenis Saus Asal Asia yang Dikenal Sangat Lezat

Berikut Enam Jenis Saus Asal Asia yang Dikenal Sangat Lezat – Saus adalah cairan yang digunakan sewaktu memasak atau yang dihidangkan bersama-sama makanan sebagai penyedap atau penambah cita rasa. Saus adalah salah satu menu hidangan yang tak hanya populer di Indonesia, tapi juga di negara-negara di Asia.

Saus bisa berupa buatan pabrik seperti kecap atau saus yang dibuat juru masak sebelum makanan dihidangkan seperti saus asam manis. Banyak negara Asia yang mempunyai aneka ragam saus dengan rasa yang tentu mampu menggoyang lidah.

Saus adalah salah satu makanan yang serba guna, tak ayal membuatnya cocok dikombinasikan dengan beragam menu hidangan lainnya. Berikut 6 ragam saus asal Asia yang dikenal lezat. Ada favoritmu?

1. Muhammara
6 Ragam Saus Asal Asia yang Terkenal Lezat, Ada Sambal Khas Jawa!

Muhammara adalah saus menyehatkan yang berasal dari kota Aleppo di Suriah. Saus ini terbuat dari campuran paprika merah yang telah dipanggang, minyak zaitun, dan kacang kenari.

Rasa manis dari saus berasal dari paprika, sedangkan tekstur yang menarik pada saus berasal dari kenari. Untuk memperkaya rasa, maka bahan-bahan, seperti jus lemon, molase delima, bawang putih, dan garam kerap ditambahkan.

2. Pecel
6 Ragam Saus Asal Asia yang Terkenal Lezat, Ada Sambal Khas Jawa!

Pecel merupakan bumbu kacang yang sedap atau kombinasi saus dan berbagai sayuran yang segar atau direbus. Pecel umumnya terbuat dari kacang panggang dan rempah-rempah yang terdiri dari cabai, gula merah, bawang putih, air asam, terasi, daun jeruk purut, garam, hingga kencur. Pecel juga biasanya dinikmati bersama dengan nasi hangat, lho.

3. Sambal
6 Ragam Saus Asal Asia yang Terkenal Lezat, Ada Sambal Khas Jawa!

Sambal adalah salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan dalam sebagian menu makanan di Jawa. Cara membuat sambal juga makin bervariasi seiring dengan perkembangan jaman. Salah satu yang paling umum adalah terbuat dari terasi, cabai pedas, tomat, dan garam.

Semua bahan secara tradisional disiapkan ke dalam cobek dan dihaluskan dengan menggunakan ulekan. Sambal memiliki konsistensinya yang kental dan rasa yang sangat kuat dan tajam.

4. Nước Chấm
6 Ragam Saus Asal Asia yang Terkenal Lezat, Ada Sambal Khas Jawa!

Nước chấm merupakan saus yang umumnya terbuat dari air jeruk nipis atau cuka, gula, air, dan saus ikan. Untuk memperlezat rasa, maka juga ditambahlan dengan cabai yang diiris halus, bawang putih, bawang merah, daun bawang, jahe, atau rempah segar.

Saus ini biasanya menjadi saus cocolan untuk hidangan seperti lumpia, pancake renyah, atau aneka ragam olahan daging.

5. Cacık
6 Ragam Saus Asal Asia yang Terkenal Lezat, Ada Sambal Khas Jawa!

Cacık merupakan saus khas Turki yang dapat ditemukan dalam berbagai bentuk. Saus ini tak hanya populer di Turki, tapi juga negara-negara yang dulunya pernah diduduki Ottoman.

Saus ini terbuat dari yoghurt yang disaring atau diencerkan. Lalu dicampur dengan mentimun cincang halus dan bawang putih cincang.

Untuk memperkuat rasa, maka campuran bahan dikombinasikan dengan bumbu yang mencakup minyak zaitun, gulma dill, mint, baik jus lemon atau cuka, dan terkadang juga ditambahkan dengan oregano, thyme, sumac, dan paprika.

6. Sweet and Sour Sauce
6 Ragam Saus Asal Asia yang Terkenal Lezat, Ada Sambal Khas Jawa!

Sweet and sour sauce merupakan saus yang terbuat dari kombinasi cuka beras dan gula asli Tiongkok. Saus kemungkinan berasal dari provinsi Hunan di Tiongkok. Awalnya, saus  ini digunakan sebagai bumbu atau saus untuk ikan, daging, dan sayuran.

Saat ini, sweet and sour sauce bisa digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan makanan-makanan lezat di Tiongkok atau cocolan yang membuat hidangan makin nikmat.

Keenam saus asal negara-negara Asia ini tentu siap memanjakan mulut dengan kenikmatannya. Saus tersebut juga mampu membuat makanan makin lezat. Saus jenis mana yang sudah pernah kamu coba selain sambal dan pecel?