Berbagai Hidangan Asia Tenggara dengan ciri Khas Daun Pandan

Berbagai Hidangan Asia Tenggara dengan ciri Khas Daun Pandan

Berbagai Hidangan Asia Tenggara dengan ciri Khas Daun Pandan – Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Tumbuhan ini mudah dijumpai di pekarangan atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Dengan aroma yang manis dan warna hijau yang menarik, daun pandan seringkali digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan berbagai hidangan tradisional manis dan gurih di berbagai negara di Asia.

Nah, tanaman yang tumbuh dan dapat ditemukan secara mudah di Benua Asia ini biasanya diolah untuk digunakan sebagai ekstrak yang dapat meningkatkan rasa dan memberikan warna menarik pada berbagai hidangan tradisional di Asia Tenggara. Yuk, Dirangkum dari idn poker ios lihat ada apa saja!

1. Srikaya 
5 Hidangan Asia Tenggara dengan Daun Pandan, Harum Melezatkan

Srikaya merupakan selai kelapa yang biasanya dioleskan pada roti panggang dan memiliki cita rasa yang lezat di mana srikaya terbuat dari gula, santan, telur, dan daun pandan. Nah, dengan menambahkan daun pandan dalam adonan, kamu dapat menghasilkan selai srikaya yang memiliki aroma segar dan warna hijau alami, lho.

Selain dioleskan pada roti panggang, kamu juga bisa menggunakan selai srikaya dalam proses pembuatan hidangan penutup lain seperti kue seri muka dan kue ketan.

2. Gai hor bai toey
5 Hidangan Asia Tenggara dengan Daun Pandan, Harum Melezatkan

Kuliner yang seringkali dikenal sebagai “pandan chicken” di Filipina ini merupakan makanan lokal Thailand yang dibuat melalui proses¬†pengasinan ayam tanpa tulang yang direndam dalam campuran saus tiram, gula, bawang putih, dan berbagai bumbu lainnya.

Nah, ayam tersebut akan dibungkus menggunakan daun pandan dan mengalami proses pembakaran, penggorengan, ataupun pemanggangan. Setelah proses tersebut, kamu dapat menikmati daging ayam yang disajikan bersama dengan saus wijen sehingga kamu dapat merasakan cita rasa yang lezat dan aroma yang harum, lho.

3. Dadar gulung atau kuih dadar
5 Hidangan Asia Tenggara dengan Daun Pandan, Harum Melezatkan

Kuliner tradisional yang seringkali dapat kamu temukan pada area pasar ataupun street food di Indonesia, Malaysia, dan Singapura ini memiliki bentuk seperti lumpia yang berwarna hijau cerah, serta menawarkan cita rasa manis dan gurih.

Nah, warna hijau tersebut diperoleh dari ekstrak pandan yang ditambahkan pada adonan crepe dan dilengkapi dengan isian kelapa parut yang telah dibumbui dengan gula aren sehingga berwarna cokelat tua, lho.

4. Buko pandan
5 Hidangan Asia Tenggara dengan Daun Pandan, Harum Melezatkan

Sebagai minuman ataupun salad pencuci mulut terpopuler di Filipina, buko pandan menjadi salah satu kuliner perpaduan yang lezat antara jeli pandan yang berwarna hijau cerah, buko (kelapa), krim, dan susu kental manis.

Nah, buko pandan menjadi salah satu minuman dingin dan kuliner pencuci mulut yang tepat untuk kamu konsumsi ketika menghadapi terik matahari Filipina sehingga kamu dapat merasakan tesktur creamy dan rasa segar dari hidangan ini, ya!

5. Khanom chan
5 Hidangan Asia Tenggara dengan Daun Pandan, Harum Melezatkan

Khanom chan merupakan kuliner penutup yang berasal dari Thailand dan terbuat dari berbagai bahan seperti tepung tapioka, santan, gula, dan garam yang dijadikan sebagai adonan kukus. Adonan tersebut akan dibagi menjadi menjadi dua bagian yang akan dibumbui dengan melati dan pandan.

Penambahan ekstrak daun pandan tersebut akan memberikan tampilan warna hijau yang khas dan rasa pedas. Nah, makanan penutup tersebut akan dikukus menjadi 9 lapisan secara bergantian sehingga mampu menghasilkan tampilan dua warna yang khas, lho.