Beragam olahan barbekyu khas Asia yang Membuat Ketagihan

Beragam Olahan Barbekyu Khas Asia yang Membuat Ketagihan

Beragam Olahan Barbekyu Khas Asia yang Membuat Ketagihan – Barbeku adalah istilah yang merujuk baik terhadap teknik memasak panggang ataupun peralatan memanggang secara khusus.

Perbedaan umum yang dapat diterima antara barbeku dan pemanggangan adalah dari lama waktu memanggang dan jenis panas yang digunakan.  Barbekyu menjadi salah satu hidangan yang banyak disukai orang, terutama di negara-negara Asia.

Biasanya barbekyu menggunakan berbagai daging yang telah dibumbui lalu dipanggang. Tak sedikit pula yang menambahkan sayuran sebagai pelengkap. Banyak olahan barbekyu khas Asia yang dapat menjadi inspirasi hidangan di rumah.

1. Teppanyaki
5 Kreasi Menu Barbekyu Khas Asia, Cita Rasanya Mantap Banget

Jepang mempunyai banyak teknik pembuatan bakbekyu, salah satunya adalah teppanyaki, yang merupakan teknik memanggang beragam bahan di atas piring besi. Makanan yang dipanggang bisa berupa steak, seafood yang serinya menggunakan lobster atau udang, sayuran cincang, dan nasi.

Terkadang juga makanan yang berbahan dasar adonan seperti mi goreng yakisoba. Makanan-makanan tersebut terkadang juga disiram sedikit dengan air lemon untuk membuatnya terasa lebih segar.

2. Char siu
5 Kreasi Menu Barbekyu Khas Asia, Cita Rasanya Mantap Banget

Tiongkok mempunyai hidangan barbekyu yang akan menggoyang lidah penikmatnya. Hidangan ini adalah char siu yang dibuat dengan daging babi panggang. Daging sebelumnya sudah direndam dalam saus eponymous, termasuk bahan-bahan seperti kecap, saus hoisin, anggur beras, dan adas bintang.

Daging umumnya dihidangkan sebagai makanan pembuka yang diiris atau dapat pula menjadi hidangan utama ketika daging diparut dan dicincang.

3. Zarb
5 Kreasi Menu Barbekyu Khas Asia, Cita Rasanya Mantap Banget

Zarb merupakan teknik kuno untuk menyiapkan hidangan di lubang bawah tanah yang dilakukan di Yordania. Makanan diletakkan di rak logam dan selanjutnya dipanggang perlahan di lubang berisi batu bara yang ditutup dengan selimut.

Zarb umumnya menggunakan daging ayam, kambing, atau domba. Kemudian juga tambahan sayuran, seperti wortel, bawang, kentang, atau tomat. Makanan ini secara tradisional dihidangkan di piring besar yang disertai dengan nasi, salad, dan berbagai saus.

4. Khorkhog
5 Kreasi Menu Barbekyu Khas Asia, Cita Rasanya Mantap Banget

Barbekyu tradisional khas Mongolia yang terkenal adalah khorkhog. Makanan ini secara tradisional disiapkan dalam kendi susu besar bersama dengan batu yang dipanaskan. Daging dan batu tersebut diletakkan di wadah, dan selanjutnya menambahkan air. Hal ini dapat menimbulkan uap yang dapat memasak daging.

Makanan ini umumnya terbuat dari potongan daging kambing atau domba. Sayuran seperti kubis, bawang, kentang, dan wortel juga ditambahkan.

5. Seen dat
5 Kreasi Menu Barbekyu Khas Asia, Cita Rasanya Mantap Banget

Barbekyu khas Laos, seen dat umumnya diproses di atas wajan tradisional yang dimaksudkan untuk dihidangkan bersama di piring yang digunakan bersama. Hidangan ini umumnya menggunakan potongan daging babi atau sapi yang terlebih dahulu dipotong tipis, selanjutnya direndam atau dicelupkan ke dalam saus celup yang memiliki rasa manis dan gurih, sebelum mengalami proses pemanggangan.

Wajan yang digunakan adalah wajan khusus yang memungkinkan tepinya diisi dengan kaldu di mana sayuran dan mi dimasak. Pendukung bahan lainnya adalah tauge, kubis, daun bawang, jamur, dan brokoli yang akan menambah cita rasa.

Istilah barbeku, bila digunakan sebagai kata benda, dapat merujuk pada daging yang dimasak dengan cara ini, atau merujuk kepada alat untuk memasak dengan cara ini (“panggangan barbeku” atau hanya “barbeku”). Jika digunakan sebagai kata sifat, barbeku mengacu kepada makanan dimasak dengan cara ini. Istilah ini juga digunakan sebagai kata kerja untuk menyebutkan tindakan memasak makanan dengan cara ini.

Memanggang biasanya dilakukan di lingkungan luar ruang dengan mengasapi  daging di atas bara kayu atau arang. Restoran barbeku biasanya memasak hidangan ini dengan menggunakan oven besar berbahan bata atau logam yang khusus dirancang untuk tujuan itu. Barbeku memiliki banyak variasi regional dan dipraktikkan di banyak wilayah di dunia.