Beragam Frozen Dessert Asia yang Terkenal Akan Kenikmatannya

Beragam Frozen Dessert Asia yang Terkenal Akan Kenikmatannya

Beragam Frozen Dessert Asia yang Terkenal Akan Kenikmatannya – Makanan penutup beku adalah makanan penutup yang dibuat dengan membekukan cairan, semi-padat, dan terkadang bahkan padatan. Mereka mungkin di dasarkan pada air rasa ( es serut , es muncul , sorbet , kerucut salju ), pada pure buah (seperti sorbet ), pada susu dan krim (kebanyakan es krim ), pada custard ( custard beku dan beberapa es krim), pada mousse (semifreddo ),  dan lain-lain. Kadang-kadang dijual sebagai es krim di Asia Selatan dan negara-negara lain.

Di Kanada dan di tempat lain, istilah ini sering digunakan pada tiruan es krim yang tidak memenuhi definisi hukumnya ( misalnya , mellorine ). Di India beberapa merek perusahaan seperti Hindustan Unilever menjual makanan penutup beku yang terbuat dari minyak nabati daripada susu murni . Sesuai peraturan India, es krim yang terbuat dari susu padat , tetapi mengandung lemak non-susu dikategorikan dan diberi label sebagai makanan penutup beku.

Frozen dessert merupakan menu hidangan yang tak hanya populer di idn poker mobile Eropa, namun juga di negara-negara Asia. Banyak negara Asia yang mempunyai makanan berupa frozen dessert yang beraneka ragam dengan rasa yang tentu lezat dan nikmat. Menu makanan ini biasanya manis yang tentu menjadi hidangan yang sempurna setelah menyantap sajian utama.

1. Faloodeh
6 Frozen Dessert Asal Asia yang Populer, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Faloodeh merupakan makanan yang berasal dari Iran. Menu ini adalah sorbet tradisional yang terdiri dari sirup gula beku yang diresapi dengan air mawar dan dicampur dengan mi bihun tipis.

Di Iran, makanan ini umumnya dihidangkan dengan perasan jeruk nipis segar, pistachio cincang, atau sirup ceri manis.

2. Kulfi
6 Frozen Dessert Asal Asia yang Populer, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Kulfi merupakan es krim tradisional India yang dibuat dengan susu murni yang direbus perlahan. Walaupun proses perebusan yang lama menghasilkan volume yang berkurang, namun proses ini menghasilkan rasa karamel yang lezat, seperti kacang.

Es krim ini punya bentuk yang tidak biasa, yaitu berbentuk kerucut. Hal tersebut disebabkan karena hasil dari teknik tradisional yang menggunakan cetakan khusus dengan tutup yang rapat.

3. Kulfi Falooda
6 Frozen Dessert Asal Asia yang Populer, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Kulfi falooda merupakan menu hidangan yang berasal dari India. Suguhan menyegarkan ini menggabungkan mi falooda tipis dan kulfi, yang merupakan es krim tradisional India. Es krim terbuat dari susu murni yang direbus perlahan yang dibumbui dengan pistachio, air mawar, dan kunyit.

Makanan ini juga sering ditambahkan dengan berbagai tambahan seperti biji kemangi manis, jeli, atau air mawar, dan sering dihiasi dengan kacang yang dihancurkan.

4. Dondurma
6 Frozen Dessert Asal Asia yang Populer, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Dondurma merupakan es krim yang berasal dari Turki. Yang membedakannya dari variasi es krim lainnya adalah ketahanannya terhadap leleh dan teksturnya yang sangat padat dan kenyal.

Kualitas ini didapat dengan menambahkan dua bahan pengental ke dalam campuran dasar susu dan gula, yaitu gum Arab dan salep yang merupakan sejenis tepung yang dibuat dari akar anggrek ungu.

5. Patbingsu
6 Frozen Dessert Asal Asia yang Populer, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Patbingsu merupakan makanan penutup asal Korea Selatan yang cukup populer. Nama makanan ini mempunyai arti serpihan es kacang merah. Menu ini terdiri dari es serut, susu kental, dan pasta kacang azuki manis.

Dessert lezat ini juga sering ditaburi dengan potongan kue beras Korea yang dikenal sebagai tteok, buah segar, atau sereal. Meskipun demikian, terdapat banyak variasi dengan topping berbeda yang ditambahkan sesuai dengan penikmatnya.

6. Halo-Halo
6 Frozen Dessert Asal Asia yang Populer, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Halo-Halo merupakan makanan asal Filipina. Makanan ini juga sering dijadikan dessert musim panas yang menyegarkan atau camilan dari campuran buah dan kacang-kacangan. Makanan ini sering diberi topping es yang dihancurkan halus dan susu.

Beberapa bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatannya adalah pisang, nangka, kelapa, ubi jalar, kacang hijau merah, buncis, buah aren, selai ubi ungu, leche flan, dan bahkan jagung manis atau keripik jagung.

Eskrim adalah makanan beku yang dibuat dari produk dairy seperti krim ( atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Es krim digunakan untuk menunjuk ke “dessert” beku makanan ringan yang terdiri dari lemak susu.

Menurut Eckles et al. (1980) bahan penyusun es krim ialah lemak, padatan bukan lemak, pemanis, stabilizer dan emulsifier dan bahan flavor. Fungsi penambahan lemak pada pembuatan es krim adalah memberikan rasa creamy serta berperan dalam pembentukan globula lemak dan turut mempengaruhi besar kecilnya pembentukan kristal.