Beragam Cemilan Manis yang Enak dan Populer Ala China

Beragam Cemilan Manis yang Enak dan Populer Ala China

Beragam Cemilan Manis yang Enak dan Populer Ala China – Makanan ringan, camilan, atau kudapan adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama. Makanan yang dianggap makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya.

Kebanyakan orang menganggap bahwa camilan adalah penyebab obesitas, padahal camilan berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh selama jeda menuju jam makan besar. Untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan, Kita dapat memilih camilan sehat yang akan membuat kita tidak kelaparan hingga jam makan tiba.

Chinese food memang terkenal. Gak cuma di Indonesia, restoran China bisa dengan mudahnya ditemukan di idn poker versi lama Eropa dan Amerika. Di antara banyaknya masakan China ini, savory food lebih dominan. Meski begitu, sesekali cobain camilan manisnya juga, dong!

1. Red Bean Bun
Ada Permen Kapas, 7 Camilan Manis Ala China Ini Bikin Ngiler

Di China, kamu akan dengan mudah menemukan olahan kacang merah yang memiliki cita rasa manis, salah satunya adalah red bean bun atau yang dalam bahasa China disebut dengan dòu shā bāo. Roti kacang merah ini sangat populer, terutama di China Utara.

Di sana, orang-orang akan menyantapnya selagi hangat setelah dikukus sampai empuk. Camilan sekaligus bisa jadi penunda lapar, ya?

2. Egg Tart
Ada Permen Kapas, 7 Camilan Manis Ala China Ini Bikin Ngiler

Banyak ditemukan di restoran bergaya Kanton, egg tart kemudian banyak dijual di luaran. Soal rasa, egg tart gak kalah unik dengan manis sedikit gurih dan teksturnya yang renyah.

Orang-orang China biasanya membawa egg tart untuk dijadikan bekal perjalanan karena bentuknya yang mungil. Sementara jika di restoran egg tart akan disajikan bersama dim sum dan cha chaan.

3. Tofu Fa
Ada Permen Kapas, 7 Camilan Manis Ala China Ini Bikin Ngiler

Siapa sangka, minuman yang selama ini kamu kenal sebagai wedang tahu ternyata minuman yang diadaptasi dari China. Minuman manis nan lembut ini juga sangat terkenal di Taiwan, lho.

Masyarakat China mengenalnya sebagai puding tahu atau puding kedelai yang disantap bersama kuah dari jeruk nipis dan kacang merah. Berbeda dengan penjual wedang tahu di Indonesia yang disajikan dengan wedang jahe, ya?

4. Dragon Beard Candy
Ada Permen Kapas, 7 Camilan Manis Ala China Ini Bikin Ngiler

Dragon Beard Candy adalah permen khas China yang sekaligus manisan tradisional yang wajib ada dalam beberapa acara penting. Namun kabar gembiranya, permen ini mulai banyak ditemukan di negara lain, termasuk Indonesia dan dikenal sebagai permen kapas.

Namanya makanan manis ini memang agak menyeramkan, tapi saat masuk ke mulut, duh, manisnya! Selain itu permen ini juga bisa meleleh dan terdiri atas banyak rasa. Gak heran kalau banyak anak-anak lokal yang suka banget permen ini.

5. Tanghulu
Ada Permen Kapas, 7 Camilan Manis Ala China Ini Bikin Ngiler

Kamu yang sering nonton mukbang, pasti gak asing lagi dengan makanan ini. Namanya tanghulu. Makanan khas Beijing Kuno yang dulunya adalah buah apel yang ditusukkan pada tusukan sate dan dicelup dengan gula cair, kemudian dinikmati saat gula mulai mengeras.

Kini, gak cuma buah apel saja yang dijadikan tanghulu, tapi buah lain seperti kiwi, jeruk, dan stroberi pun tersedia. Gak sulit menemukan tanghulu di China, apalagi di tempat-tempat wisata dan dijual dengan harga murah meriah.

6. Pumpkin Pancake
Ada Permen Kapas, 7 Camilan Manis Ala China Ini Bikin Ngiler

Terbuat dari labu, gula, dan tepung, pancake labu banyak dijual di restoran-restoran China dan sangat populer saat musim dingin. Rasanya sangat manis, jadi sangat enak jika dinikmati setelah makan yang pedas-pedas.

Beberapa penjual juga menabur biji wijen supaya memiliki tekstur antara lembut dan renyah dalam sekali makan. Yang menarik, pancake labu ini dibuat dengan cetakan berbentuk bunga. Jadi gak cuma manis, tampilannya pun cantik!

7. Deep Fried Durian
Ada Permen Kapas, 7 Camilan Manis Ala China Ini Bikin Ngiler

Kalau kamu peninta durian dan sedang merencanakan liburan ke China, jangan lupa cicip camilan manis khas Tiongkok yaitu liú lián sū atau deep fried durian. Gak usah heran, di China durian adalah buah yang sangat terkenal.

Pada umumnya, camilan dikaitkan dengan makanan manis, seperti kue, biskuit, es krim, atau kacang berondong. Namun camilan yang seperti ini lebih banyak mengandung lemak dan karbohidrat tinggi dengan nilai gizi yang minim. Padahal banyak pilihan camilan sehat bersumber dari buah, sayur, kacang, dan biji-bijian, serta produk olahan susu rendah lemak.

Camilan yang terbuat dari biji-bijian utuh, seperti oatmeal, kaya akan serat dan karbohidrat kompleks agar tubuh senantiasa berenergi. Menurut penelitian, makanan kaya serat diduga mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan. Jika tidak suka dengan rasa oatmeal yang hambar, campurkan saja dengan kacang-kacangan.