Beberapa Makanan Khas Filipina yang Halal untuk Dikonsumsi

Beberapa Makanan Khas Filipina yang Halal untuk Dikonsumsi

Beberapa Makanan Khas Filipina yang Halal untuk Dikonsumsi – Filipina atau Republik Filipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia, dan timur laut Sabah. Filipina merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan.

Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat, negara ini terdiri dari 7.641 pulau. Selama ribuan tahun, warga kepulauan Filipina, Selain terkenal dengan keindahan pantai berpasir putihnya yang lembut, negara ini juga memiliki banyak sekali jenis makanan khas yang menarik dan lezat untuk dicicipi.

Sayangnya tak semua makanan khas Filipina bisa dinikmati oleh umat muslim karena mengandung daging babi. Tapi tak perlu risau sebab masih ada beberapa makanan khas Filipina lain yang aman dan halal untuk dikonsumsi. Berikut ini lima rekomendasinya.

1. Bulalo
5 Rekomendasi Makanan Filipina Halal, Cocok di Lidah Indonesia

Bulalo yang merupakan makanan khas Filipina berupa rebusan sumsum daging sapi ini sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Makanan tersebut dimasak dengan bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam, lada hitam, patis, dan daun salam.

Bulalo disajikan bersama dengan berbagai macam sayuran, seperti jagung, wortel, kentang, kol cina, kacang hijau, dan lain sebagainya. Proses pembuatan makanan ini membutuhkan waktu selama berjam-jam. Tujuannya agar lemak dan kolagen dari daging sapi meleleh ke dalam kaldu bening.

2. Pancit palabok
5 Rekomendasi Makanan Filipina Halal, Cocok di Lidah Indonesia

Pancit palabok merupakan hidangan mi yang disajikan dengan saus udang, daging ayam atau daging sapi, serpihan ikan asap, telur, dan bawang putih goreng. Cita rasa gurihnya membuat siapa saja selalu ingin mencicipinya lagi.

Masyarakat Filipina biasanya menyantap pancit palabok sebagai cemilan atau lauk makanan berat.

3. Arroz caldo
5 Rekomendasi Makanan Filipina Halal, Cocok di Lidah Indonesia

Bahan baku untuk membuat arroz caldo adalah beras khas Filipina. Kemudian beras ini diolah menjadi bubur ayam dengan bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang putih panggang, jahe, lada hitam, dan daun bawang.

Biasanya arroz caldo disajikan dengan telur rebus dan saus ikan. Bagi kamu yang menginginkan warna kuning pada arroz caldo maka harus ditambahkan safflower atau kasubha.

4. Inasal
5 Rekomendasi Makanan Filipina Halal, Cocok di Lidah Indonesia

Inasal merupakan makanan khas Filipina yang berbahan dasar daging ayam. Kemudian daging ayam tersebut direndam di dalam cuka kelapa, lada, calamansi, dan annatto. Selanjutnya daging ayam dipanggang lalu diolesi bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabai, dan lengkuas.

5. Binignit
5 Rekomendasi Makanan Filipina Halal, Cocok di Lidah Indonesia

Binignit merupakan makanan pencuci mulut yang bahan dasarnya berasal dari beras ketan dan santan. Jika diperhatikan dengan saksama, tampilan binignit mirip seperti kolak dan cita rasanya manis.

Makanan ini biasanya diberi tambahan berupa pisang, talas, kentang, dan lain sebagainya untuk menambah kelezatan rasa. Masyarakat Filipina menjadikannya sebagai camilan lezat di siang hari.

Sekarang kamu tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi makanan di atas karena semuanya merupakan makanan yang halal. Jadi jangan lupa mencicipinya kala berkunjung ke Filipina, ya.